Kanal

Komitmen Sambu Group dalam Penerapan Budaya K3 di Era Digitalisasi

INHILKLIK.COM - Peringatan bulan K3 setiap tahunnya seakan menjadi momentum bagi seluruh pelaku industri di Indonesia tentang penerapan budaya K3 di lingkungan usaha. Sambu Group sebagai salah satu industri kelapa terbesar dan terintegrasi di Indonesia terus berupaya dalam menerapkan budaya K3 demi terciptanya lingkungan kerja yang aman dan harmonis. Dilihat dari makna katanya, Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Bicara tentang budaya memiliki arti bahwa adanya pelaku dalam menjalankan apa yang dibawa oleh budaya tersebut. Dalam hal ini sumberdaya manusia menjadi kunci penting dalam penerapan budaya K3. Terciptanya budaya K3 akan sangat bergantung dari seberapa besar sumberdaya manusia yang ada didalamnya peduli untuk menjunjung nilai K3 dalam kegiatan kerja sehari-hari. 

Dalam menerapkan budaya K3, Sambu Group menunjukkan komitmennya untuk mengutamakan K3 yang tertuang dalam Kebijakan Terintegrasi Perusahaan yaitu meningkatkan kinerja keselamatan dan Kesehatan kerja untuk mencegah kecelakan dan penyakit akibat kerja. Tentunya komitmen ini tidak berhenti dalam bentuk kebijakan saja. Setiap karyawan juga dibekali pemahaman terkait keselamatan dan Kesehatan kerja serta implementasinya di perusahaan. Di setiap area kerja, karyawan diberikan pemahaman terkait potensi apa saja yang mungkin timbul berkaitan dengan keselamatan dan Kesehatan kerja sehingga baik karyawan maupun perusahaan dapat saling memastikan bahwa proses kerja dapat berjalan dengan lancar. 

Untuk memastikan kondisi karyawan dalam melakukan pekerjaan, perusahaan secara berkala melakukan pemeriksaan Kesehatan kepada karyawandan pemberian vitamin setiap bulannya sebagai bentuk kepedulian perusahaan akan kondisi fisik karyawan. Karyawan juga menyadari bahwa mereka adalah aset berharga karena perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa karyawan yang memiliki kondisi fisik yang baik pula. Maka dari itu dalam kesehariannya, protokol 5M sudah menjadi bagian dari kebiasaan karena tumbuhnya kesadaran pada setiap karyawan bahwa budaya K3 tidak akan dapat berjalan dengan baik jika tidak dimulai dari diri sendiri. Walau mungkin terkesan sederhana, pelaksanaan 5M menjadi kunci penting yang disadari oleh setiap karyawan untuk memastikan bahwa mereka dapat bekerja dengan kondisi aman dan terlindungi serta siap mengerahkan kontribusi terbaik dengan kondisi prima. 

Dengan kondisi perusahaan yang memiliki potensi untuk terjadinya kecelakaan, karyawan juga sadar untuk terus menggunakan alat pelindung diri saat melakukan aktivitas kerja untuk menghindari kecelakaan. Karyawan juga diberikan pemahaman untuk menjaga diri agar terhindar dari penyakit akibat kerja, baik karyawan yang bekerja di lapangan maupun di kantor karena potensi tersebut akan selalu ada dimanapun dan kapanpun. Pesan peringatan dapat ditemukan di setiap area yang menjadi pengingat bagi karyawan yang bekerja bahwa selain memberikan kontribusi bagi perusahaan, keselamatan diri tetap menjadi nomor satu.  

Selain mendapatkan pesan dan himbauan terkait promosi Kesehatan dan keselamatan kerja yang diakses di surel masing-masing, Safety Talk juga menjadi wadah bagi karyawan untuk terus saling mengingatkan akan pentingnya pelaksanaan budaya K3. Dalam agenda Safety Talk karyawan dapat saling berbagi informasi terkini terkait apa saja yang menjadi tantangan dan peluang dalam pelaksanaan K3 di perusahaan. 

Tentunya terdapat banyak lagi penerapan budaya K3 yang dapat kita jumpai di perusahaan. Hal ini menunjukkan prioritas perusahaan terhadap sumberdaya manusia yang dimiliki. Tentunya apa yang menjadi bagian dari perusahaan dalam menerapkan budaya K3 akan berjalan dengan maksimal dengan adanya sinergi dari karyawan untuk taat dan patuh dalam menerapkan peraturan K3 dan menjadikannya sebagai sebuah budaya, bukan merupakan paksaan, Momentum peringatan bulan K3 menjadi salah satu pengingat bagi setiap tenaga kerja tidak hanya di Sambu Group, namun juga di seluruh Indonesia bahwa keselamatan dan Kesehatan adalah kunci yang harus kita junjung bersama, di mulai dari diri sendiri dan saat ini. Mari kita tingkatkan kesadaran lingkungan akan K3 untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Salam K3 ! 
 

Penulis: Debby Zalina 
Karyawan PT  Pulau Sambu (Kuala Enok) 

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER