Kanal

Lewat Program CSR, PT GIN Bangun Dua Unit Jembatan di Desa Bantayan

TEMBILAHAN - PT. Guntung Idamannusa (GIN) secara konsisten melakukan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) kepada desa sekitar perusahaan yang merupakan desa binaan.

Perusahaan perkebunan kelapa sawit itu melakukan tanggung jawab sosial dengan memberikan CSR  pada berbagai bidang,  meliputi : Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Pendidikan, Ekonomi, Lingkungan, Kesehatan dan Infrastruktur.

Sebagai salah satu contoh, PT GIN telah memberikan bantuan di bidang Infrastruktur dengan membangun jembatan di Desa Bantayan sebanyak dua unit yang berfungsi sebagai penghubung masyarakat antar RT/RW di Dusun IV Melati Desa Bantayan pada 3 November 2023.

"Kami perusahaan bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat desa sekitar dengan memberikan CSR sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dimana sebelumnya kami telah membangun jembatan sebanyak dua unit di Dusun IV Melati Desa Bantayan dan selanjutnya kami berharap jembatan tersebut dapat bermanfaat sebagai akses penghubung antar RT/RW, khususnya bagi masyarakat sekitar Dusun IV Melati Desa Bantayan," ujar Humas PT GIN, Ulul Azmi Batubara, Minggu, 10 Desember 2023.

Namun beberapa waktu yang lalu, dijelaskan Azmi, jembatan yang baru selesai dibangun tersebut telah rusak karena terbawa oleh arus air sungai alam di Desa Bantayan, hal itu disebabkan karena pada waktu itu curah hujan cukup tinggi, sehingga mengakibatkan derasnya arus air yang mengalir di sungai Bantayan.

"Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, kami berkomitmen untuk segera membangun dan memperbaiki kembali jembatan yang telah rusak,  dimana sebelumnya jalur penghubung di Dusun IV Melati Desa Bantayan tidak tersedia, namun PT. Guntung Idamannusa hadir untuk membantu masyarakat dengan membangun jembatan penghubung dimaksud,” kata Azmi.

Sutiono selaku Kepala Desa Bantayan membenarkan informasi dari pihak perusahaan dan saat ini pihaknya sedang membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan dan perbaikan jembatan yang telah rusak.

“Hal ini merupakan musibah atau bencana alam dan tidak dikehendaki oleh siapapun, sehingga untuk menindaklanjuti permasalahan ini kami selaku Pemerintah Desa  beserta masyarakat Desa Bantayan telah melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan pada hari Rabu, tanggal 29 November 2023 di kantor Desa Bantayan dan dilanjutkan dengan pengecekan lapangan bersama ke lokasi pada hari Jumat, tanggal 01 Desember 2023 kemarin, dimana secara keseluruhan pihak perusahaan sangat cepat dan tanggap dalam penanganan musibah ini," jelas Kades Bantayan.

"Kami berharap perusahaan tetap konsisten untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sosialnya, khususnya bagi masyarakat desa-desa binaan sekitar perusahaan  sebagaimana telah dilakukan untuk desa kami," imbuhnya.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER