Kanal

[HOAX] Video Perampokan Kapal di Guntung

INHILKLIK.COM - Telah beredar video seperti adanya perampokan kapal di dermaga PT Pulau Sambu di Guntung. Video beredar diawalipostingan dari kanal media sosial Facebook akun milik Denny Syahputra pada 13 Desember 2023. Faktanya, kejadian tersebutadalah kegiatan Drill Excercise International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) yang dilakukan dalamrangka pelatihan awak kapal dalam menanggulangi perampokanyang terjadi saat berlayar. Adapun kegiatan tersebut dilakukansesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 134 Tahun 2016 Tentang Manajemen Keamanan Kapal dan FasilitasPelabuhan.

 “Kegiatan ini dilakukan bagi setiap pelabuhan yang sudahcomply dan sudah diterbitkan Sertifikat Statement of Compliance of a Port Facility (SOCPF). Sehingga wajibmelaksanakan Pelatihan Drill Exercise ISPS Code minimal 1 kali  dalam 12 bulan dan maksimal 18 bulan”, jelas Julharia SE, MM. Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III, Sungai Guntung, Indragiri Hilir. “Kami mengapresiasiketerlibatan PT Pulau Sambu di Guntung dalam kegiatan ini. Perusahaan memiliki perhatian atas manajemen keamanan dankeselamatan fasilitas pelabuhan,”lanjut Julharia SE, MM.

 Kegiatan tersebut juga turut didukung oleh pihak terkait lainnya, seperti Port Security Committee (PSC) atau komite keamananpelabuhan, TNI Angkatan Laut, POL Air, Polsek Kateman, sertaKesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

 “Persiapan kegiatan ini dilakukan semenjak 14 November 2023 untuk membuat skenario terkait tugas dan tanggung jawab saatDrill Excercise dilaksanakan, dan semua sepakat akanmengadakan pelatihan tersebut pada tanggal 11 Desember2023”, terang Lettu Amri Sitorus selaku Dan Pos AL Tembilahan . “Sangat disayangkan dengan pemunculan video di facebook tersebut. Postingan yang diunggah sepertimenginformasikan seakan-akan itu adalah kejadian yang sebenarnya, tanpa menuliskan detail bahwa hal tersebut adalahpelatihan Drill Excercise ISPS Code”, tambah Lettu AmriSitorus.

 “Kami mendukung kegiatan pelatihan Drill Excercise ISPS Code ini. Dengan pelatihan yang dilakukan tentu akanmeningkatkan keterampilan dan keahlian dalam manajemenkeamanan kapal dan fasilitas pelabuhan. Dan ini tentu baikuntuk pelayanan fasilitas pelabuhan serta pelayaran”, tutur A Ginting, Humas Sambu Group.  “Dengan adanya pemberitaan di media ini, semoga kejadian yang sebenarnya bisa diluruskan. Dan tidak membingungkan masyarakat serta pengguna media sosial lainnya. Sehingga tidak lagi menimbulkan kehebohanyang tidak diperlukan”, lanjut A. Ginting.

Gambar 2: Foto bersama Pembukaan Drill Excercise ISPS Code, Guntung, 14 Desember 2023

 AKP. Ermanto selaku Kapolsek Kateman juga angkat bicaraterkait hal ini, “Kami juga menghimbau agar masyarakat lebihcermat dan bijak dalam ber-media sosial. Dan bagi penggunamedia sosial agar tidak mudah terpengaruh oleh isu yang beredar, yang belum tentu jelas kebenarannya”.

 Saat berita ini diturunkan, unggahan video di akun Denny Syahputra sudah tidak bisa diakses lagi. Dan postingan video sudah diturunkan serta dihapus. “Masyarakat harus berhati-hatidalam mengunggah sesuatu di media sosial. Sehingga tidak asalposting. Karena jika salah dan merugikan pihak lain, bisadituntut dan dikenakan pasal sesuai ketentuan dalam UU ITE”, tutup AKP. Ermanto.

 

 

Gambar 3: Foto bersama selepas latihan persiapan kegiatan Drill Excercise ISPS Code , Guntung, 13 Desember 2023

 

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER