Mendagri Minta Pejabat tak Gunakan APBD untuk Maju Pilkada

Selasa, 29 Agustus 2017 - 13:19:21 WIB
Mendagri Minta Pejabat tak Gunakan APBD untuk Maju Pilkada Mendagri mengakui banyak kepala daerah yang mau maju lagi dalam Pilkada. Mereka diminta fair debrsaing positif tidak menggunakan anggaran daerah dalam pencalonan.

INHILKLIK.COM, JAKARTA -  Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengimbau kepada pejabat tidak memanfaatkan dana APBD dalam pencalonan pada Pilkada Serentak 2018. Mendagri juga menegaskan masyarakat jangan memanfaatkan isu ujaran kebencian untuk Pilkada tahun depan.

"Kepala daerah yang mau maju lagi jangan menggunakan APBD. Jadi harus terbuka, harus fair (persaingan positif). Adu program dan adu konsep dengan semua calon," tegas Tjahjo kepada wartawan di Jakarta, Senin (28/8/17).

Karena itu, ia pun mengimbau agar kandidat calon kepala daerah jangan sampai memanfaatkan situasi saling melempar komentar dan saling menebar fitnah yang bertujuan menjatuhkan. Informasi mengenai satu individu tanpa didukung data-data yang benar bisa merugikan ini nama baik para kandidat kepala daerah.

"Ini tentu menganggu demokrasi. KPU dan Bawaslu mudah-mudahan bisa menyelipkan peraturan berani mengambil tindakan terkait dengan diskualifikasi pasangan calon, baik calon pilkada, DPR, DPD, pileg, pilpres jika dalam kampanyenya menggunakan pola yang fitnah membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa," lanjutnya.

Tjahjo juga mengingatkan agar kepala daerah mendukung KPU dan Bawaslu serta aparat keamaman dalam persiapan Pilkada serentak tahun 2018. Dukungan itu terkait dengan anggaran Pilkada yang sebaiknya segera dicairkan.

"Anggaran itu pada prinsipnya cukup dan tercukupi. Jadi tidak ada kata kekurangan anggaran, karena sudah dianggarkan," ujarnya. (rtc)

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Rabu, 01 Maret 2017 - 08:06:49 WIB

Kemendagri: Proses Pengaktifan Suparman Jadi Bupati Rohul Selesai 14 Hari

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono, men

Jumat, 17 Februari 2017 - 09:40:26 WIB

Gubri Laporkan Kecurangan Ketua KPPS di Kampar Pada Mendagri

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman gelar teleconfrence bersama Menteri