Kabut Asap Harus Jadi Pelajaran Berharga

Senin, 30 September 2019 - 23:26:45 WIB
Kabut Asap Harus Jadi Pelajaran Berharga

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Legislator Riau dari Fraksi PDI-P Robin Hutagalung menyebutkan, kejadian kabut asap yang melanda wilayah Riau beberapa hari lalu harus menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah dan semua komponen yang ada. Berupaya supaya tidak terjadi lagi dimasa-masa yang akan datang.

"Ini harus jadi pelajaran berharga bagi kita, bagaimana supaya tidak terjadi lagi tiap tahunnya. Apa yang jadi penyebab harus sudah diantisipasi sejak dini terutama oleh pihak terkait. Kejadian kapan waktunyakan sudah jelas, yaitu pada musim kemarau. Jadi jauh sebelum masuk musim kemarau semua stake holder sudah lakukan antisipasi," sebutnya, Jumat (27/09).

Disampaikan juga oleh Dapil Kota Pekanbaru ini, salah satu permasalahannya adalah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi itu adalah di lahan gambut. Sehingga pemadaman sangat sulit karena gambut gampang terbakar dan ketebalannya sangat jauh kedalam tanah yang mencapai ratusan meter. Keberadaan api jauh pada kedalam yang jauh sementara air sulit karena memang tanah gambut seharusnya tempat penyimpan air.

"Jadi menurut saya fungsi lahan gambutnya yang dikembalikan sebagai hutan atau kawasan gambut. Tidak ada izin usaha perkebunan atau kehutanan di lahan gambut. Semua perizinan yang ada dilahan gambut harus ditinjau ulang. Lahan gambut dikembalikan fungsinya sebagai penyimpan dan menjamin ketersediaan air," tambahnya juga. 

sumber: mediacenter.riau.go.id

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT