Ditengah Pandemi Covid-19, Peringatan Hari Lahir Pancasila di Sergai Secara Virtual

Senin, 01 Juni 2020 - 22:37:03 WIB
Ditengah Pandemi Covid-19, Peringatan Hari Lahir Pancasila di Sergai Secara Virtual

INHILKLIK.COM, SERGAI - Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya, kini terasa sangat berbeda dikarenakan adanya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang tengah melanda Indonesia.


Walau demikian, bukan berarti tidak ada momen penting untuk memperingati hari lahir sang  Pancasila. Seluruh Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati/Walikota wajib mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual di daerahnya masing-masing. 


Begitupun dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Senin (1/6/2020) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,  Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama unsur Forkopimda, Sekdabab Sergai H.M. Faisal Hasrimy AP MAP, para Asisiten, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual melalui aplikasi zoom yang juga disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional. 


Dalam arahannya saat menjadi Inspektur Upacara, Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh penyelenggara negara untuk berpihak kepada masyarakat yang mengalami kesulitan agar melayani masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan.


“Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah, untuk terus meneguhkan keberpihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19.


Presiden Jokowi mengingatkan bahwa kewajiban negara untuk melindungi seluruh rakyatnya serta melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, kata Presiden.


Sedangkan Bupati  Ir H Soekirman usai mengikuti upacara secara virtual menyampaikan bahwa  Pemkab Sergai bersama unsur Forkopimda, hari ini tanggal 1 Juni tahun 2020 bersama-sama secara nasional mengikuti peringatan hari lahir Pancasila yang digelar oleh Presiden Republik Indonesia beserta Kabinet melalui video conference ditengah situasi pandemi Covid-19.


" Dalam suasana  75 tahun Kemerdekaan RI dan seluruh komponen bangsa kita harus mempertebal rasa nasionalisme dan patriotisme," ungkap Bupati.
 Bupati menyebut, peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni ini, dapat menyegarkan ingatan kita tentang semangat kegotongroyongan, karena anak-anak muda kita yang merupakan generasi milenial harus diingatkan bahwasannya sendi-sendi bangsa ini tidak akan bisa kuat tanpa adanya dasar negara Pancasila yang kuat pula. 


Bupati mengingatkan, dalam sejarah kita sudah diuraikan bahwa Soekarno di depan sidang BPUPKI mengatakan  jika dasar negara itu adalah Pancasila yang terdiri dari ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia ,kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dirgahayu Indonesia. Selamat hari lahir pancasila, ujar Bupati penuh semangat.

(SA/*)


[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT