Diyakini Miliki Khasiat, Warga Inhil Diajak Konsumsi Kelapa Muda Secara Rutin

Selasa, 23 Juni 2020 - 00:21:15 WIB
Diyakini Miliki Khasiat, Warga Inhil Diajak Konsumsi Kelapa Muda Secara Rutin Bupati Inhil, HM.Wardan

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengajak seluruh warganya untuk selalu mengonsumsi kelapa muda secara rutin. Sebab, Bupati meyakini, air dari kelapa muda memiliki khasiat untuk meningkatkan imun tubuh guna mencegah penularan Covid-19.

"Saya sangat menikmati air kelapa muda, selain memiliki rasa nikmat jika diminum siang hari dan menyegarkan, air kelapa juga kaya akan manfaat bagi kesehatan," tutur Bupati melalui keterangan tertulis, Senin (22/6/2020) pagi.

Lebih lanjut, Bupati menuturkan, tidak hanya dapat diseruput langsung, kelapa muda juga dapat dikonsumsi dengan berbagai inovasi. Seperti halnya dibakar dulu atau yang lebih dikenal dengan Kelapa Muda Bakar.

"Banyak yang percaya bahwa kelapa muda bakar itu berkhasiat menyembuhkan penyakit, apalagi kalau dicampur dengan sejumlah rempah, yang kata mereka mencegah virus corona," tutur Bupati.

Untuk itu, Bupati menyarankan agar masyarakat untuk mulai meminum kelapa sebagai bentuk upaya pencegahan penularan Covid-19.

"Anggap saja ini bagian dari ikhtiar kita dalam melawan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Inhil ini," tukas Bupati.

Terkait khasiat kelapa muda, beberapa pakar juga meyakini bahwa air kelapa hijau dapat menjadi cairan detoks alami bagi tubuh karena mengandung antidotum atau anti racun.

Selain itu, air kelapa hijau juga dapat berfungsi sebagai cairan isotonik karena mengandung kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Minum air kelapa hijau seminggu dua kali dapat menjadikan tubuh lebih bugar.

Pernyataan tentang khasiat air kelapa dalam melawan penularan Covid-19 datang dari salah seorang Dokter di Malaysia, yakni dr Noordin Darus. Dia mengatakan, bahwa bagi orang yang terinfeksi virus corona, disarankan untuk minum air kelapa antara enam hingga tujuh gelas pada hari pertama.

Sedangkan, pada hari ke dua asupan air harus dilanjutkan tetapi dikurangi menjadi lima gelas. 

Menurutnya, ciri unik virus corona ini adalah menyerang saluran pernapasan seperti halnya influenza. Jadi, Dia juga menyarankan untuk tidak makan terlalu banyak gula, susu dan daging dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebagaimana diketahui, kelapa memang memiliki manfaat dalam setiap bagiannya. Inovasi dalam mengonsumsi kelapa juga turut beragam. Selain air kelapa muda yang dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh, minyak kelapa murni juga disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna mencegah virus Corona.


[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT