Kanal

Menghujat Nabi Muhammad di Facebook, Warga Pakistan Dihukum Mati

INHILKLIK.COM, LAHORE - Pengadilan anti-terorisme Pakistan telah menjatuhkan hukuman mati kepada seorang pria yang diduga melakukan penghujatan di Facebook. Putusan ini adalah untuk pertama kalinya seseorang telah diberi hukuman mati karena menghujat di media sosial.

Hukuman mati yang dijatuhkan kepada Taimoor Raza, 30, sejalana dengan tindakan tegas pemerintahan Perdana Menteri Nawaz Sharif atas penghujatan di media sosial seperti dikutip dari Reuters, Senin (12/6/2017).

Penghujatan adalah topik yang sangat sensitif di Pakistan yang berpenduduk mayoritas Muslim, di mana menghina Nabi Muhammad adalah sebuah kejahatan dimana puluhan orang duduk di barisan kematian. Bahkan hanya tuduhan saja cukup untuk memicu kegemparan massal dan keadilan massa.

Shafiq Qureshi, Jaksa penuntut umum di Bahawalpur, sekitar 500km selatan ibukota provinsi Lahore, mengatakan bahwa Raza dihukum karena diduga membuat komentar yang menghina terhadap Nabi Muhammad, istri dan sahabatnya.

"Pengadilan anti terorisme di Bahawalpur telah memberinya hukuman mati. Ini adalah hukuman mati pertama dalam kasus yang melibatkan media sosial," kata Qureshi.

Sangat jarang sebuah pengadilan kontra-terorisme mendengar kasus penghujatan, namun pengadilan Raza termasuk dalam kategori ini karena lembaran tuduhannya mencakup pelanggaran anti-terorisme yang terkait dengan pidato kebencian.

Qureshi mengatakan bahwa Raza ditangkap setelah memperdengarkan materi penghinaan yang menghujat dan membenci di teleponnya di sebuah pemberhentian bus di Bahawalpur, di mana seorang petugas anti-terorisme menangkapnya dan menyita teleponnya. Materi yang diperoleh dari telepon menyebabkan hukuman terhadap Raza.

"Sidang dilakukan di penjara Bahawapur dengan keamanan yang ketat," kata Qureshi

Qureshi menambahkan bahwa Raza adalah anggota komunitas minoritas Syiah dan di pengadilan dia dituduh menyebarkan "ucapan kebencian" terhadap sekte Deobani, yang menganut aliran Islam Sunni yang ketat.

Hubungan antara Syiah dan mayoritas komunitas Sunni berkobar di Pakistan, dengan beberapa kelompok ekstrimis Sunni seperti Lashkhar-e-Janghvi mencoba mengeksploitasi ketegangan sektarian.

Beberapa insiden kekerasan lainnya yang terkait dengan tuduhan penghujatan telah membuat kelompok dan aktivis HAM merasa takut dalam beberapa bulan terakhir.

Polisi saat ini sedang menyelidiki lebih dari 20 siswa dan beberapa anggota fakultas sehubungan dengan pembunuhan Mashal Khan, seorang siswa yang dipukuli sampai mati pada bulan April setelah debat tentang agama - sebuah serangan yang mengejutkan negara tersebut.

Sejak itu, parlemen telah membahas penambahan pengamanan terhadap undang-undang penghujatan, sebuah langkah yang dipandang sebagai terobosan di Pakistan di mana para pemimpin politik telah terbunuh karena bahkan mendiskusikan perubahan.

Karena keyakinan penghujatan Raza berada di bawah pengadilan anti-terorisme, dia akan dapat mengajukan banding atas hukumannya di Pengadilan Tinggi dan kemudian di Mahkamah Agung.

Setidaknya ada 67 pembunuhan atas tuduhan yang belum terbukti sejak tahun 1990, menurut data dari sebuah pusat penelitian dan catatan independen yang disimpan oleh Reuters. (sindo)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER